Mengenal Kota Jeddah

Mengenal kota Jeddah sebagai salah satu tempat yang memang akan dikunjungi oleh jamaah haji, umroh atau pengunjung lainnya yang sengaja datang ke kota Jeddah. Kota Jeddah merupakan salah satu derah yang masih termasuk ke dalam provinsi Mekkah dan letaknya berada di sebelah barat dengan jarak 130 km. Letaknya berada di seberang laut Merah, dengan jarak yang dekat memungkinkan penduduk, jamaah atau turis bila menyebrangi laut tersebut akan sampai di benua yang berbeda yaitu Negara Sudan, benua Afrika.

Kota Jeddah dengan penataan yang baik dan teratur membuat kota ini menjadi kedua terbesar setelah ibu kota Riyadh. Tak jarang atau sudah tentu para jamaah haji atau umroh akan menginjakkan kaki di kota ini sebagai tempat kedatangan pertama dari Negara asal. Bandara besar yang dimiliki kota Jeddah menjadikannya sebagai landasan utama untuk para jamaah haji atau umroh yaitu King Abdul Aziz. Sebagian besar kegiatan atau mata pencaharian di kota ini adalah perdagangan dan kota industri yang cukup besar.

Mengenal Kota Jeddah

Namun Jeddah berbeda dengan dua kota suci yang ada di Negeri Arab ini. Jika Madinah dan Mekkah memiliki peraturan khusus karena keistimewaan yang dimilikinya, lain halnya dengan Jeddah. Kota Jeddah bisa dikunjungi oleh setiap orang termasuk orang non muslim yang sengaja datang untuk melakukan bisnis, atau berwisata menikmati keindahan kota Jeddah. Sebagai kota perdagangan, Jeddah memiliki pelabuhan utama yang bisa menghubungkan para pedagang dari benua lain yang akan menuju ke pesisir timur Afrika dan Yaman, hal ini dikarenakan pelabuhan utama Jeddah bersifat bebas.


Meski tidak terlibat langsung dengan proses ibadah haji atau umroh, Jeddah memiliki peran penting selain sebagai landasan utama para jamaah dari Negara asal, yaitu sebagai kota wisata yang memiliki banyak tempat bersejarah dan patut dikunjungi. Selain itu, kota Jeddah memiliki toleransi yang besar terhadap perbedaan umat beragama. Tidak aneh jika dijumpai berbagai penduduk dengan rutinitas berbeda dengan keyakinan yang dipegangnya. Hal ini menunjukkan bahwa islam merupakan agama yang memberikan toleransi tinggi terhadap setiap keyakinan.

Keadaan kota Jeddah sangat berbeda dengan kota Mekkah atau Madinah, namun tetap memberikan keramaian serta kepadatan tersendiri dengan kegiatan masyarakatnya sehari-hari. Beberapa travel umroh biasanya selalu mengadakan perjalanan khusus ke Jeddah sebagai salah satu tujuan berwisata. Tempat yang biasanya dikunjungi adalah Laut Merah, Masjid Qishosh, dan pusat perbelanjaan besar Al-Balad Corniche. Keindahan yang ditawarkan merupakan salah satu bukti bahwa Jeddah merupakan salah satu kota yang setara dengan kota megapolitan di dunia. Sekalipun bukan sebagai tempat proses ibadah haji atau umroh, alangkah sedihnya jika melewatkan wisata setelah menginjakkan kaki di Kota Jeddah.
Powered by Blogger.