Mengenal Misi Haji Indonesia

Misi Haji Indonesia merupakan lembaga yang dikhususkan untuk menangani setiap permasalahan haji di Tanah Suci. Misi Haji memiliki kantor sendiri yang dibentuk oleh konsulat jenderal sebagai wakil dari pemerintah Indonesia.

Namun untuk saat ini keberadaan kantor Misi Haji Indonesia sedang dalam masalah yaitu yang berhubungan dengan penamaan istilah “Misi Haji”. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi meminta istilah tersebut diganti, hal ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan Negara lain. Sehingga pemerintah Indonesia harus mengganti istilah tersebut, dan sampai saat ini nama baru yang akan menggantikan masih belum dipublikasikan. Terlebih penamaan Misi Haji sudah banyak dikenal di kelompok haji Indonesia.

Mengenal Misi Haji Indonesia

Misi Haji Indonesia memiliki beberapa kantor yang menangani masalah haji di Tanah Suci, kantor tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Mekkah, Madinah dan Jeddah. Kantor tersebut dinamakan dengan Daerah Kerja atau Daker.

Daerah Kerja – Daker

Daker memiliki tugas penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Salah satu tugas daker yaitu mengatur jadwal keberangkatan dan kepulangan jamaah haji dari Masjidil Haram. Ketika musim haji tiba, transportasi menjadi hal utama penunjang berjalannya kegiatan ibadah, karena tidak semua jamaah menempati pemondokan yang jaraknya dekat dengan Masjidil Haram. dengan seperti ini jamaah haji tidak harus menunggu atau berdesak-desakan di terminal dengan jamaah lain.


Daker yang berada di Makkah merupakan kantor Daker terbesar, dikarenakan jamaah haji lebih banyak melaksanakan rincian ibadah haji di Mekkah dengan waktu terbanyak yaitu selama 30 hari. Sedangkan kantor Daker lain tersebar di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Namun untuk alamat jelasnya tidak ada yang mengetahui letak keberadaan Daker tersebut, sekalipun hal ini ditanyakan kepada pemerintah Indonesia (Kementerian Agama) sama sekali tidak memberikan informasi apapun.

Namun meskipun tidak secara langsung mengunjungi kantor Daker disaat terdapat permasalahan, jamaah haji tetap bisa menghubungi Daker melalui email yang tersedia yaitu hajiarabsaudi@kemenag.go.id.
Masalah yang sering dijumpai pada pelaksanaan ibadah haji selain masalah transportasi adalah masalah pemondokan. Terkadang sebagian pemondokan yang disediakan tidak memenuhi kualitas yang ditetapkan, kenyamanan menjadi poin penting untuk melaksanakan ibadah haji dengan maksimal.

Untuk bisa mengunjungi Daker haji di tanah suci, jamaha bisa melihat tanda yang diapakai pada kantor tersebut. Daker tidak hanya tersedia dari Indonesia saja, Negara lainpun sama memiliki perwakilan Daker di setiap daerahnya. Biasanya kantor misi haji Indonesia terpampang nama serta bendera Indonesia. Beberapa kantor Misi Haji yang berhasil ditemui adalah Daker Makkah yang terletak di King Fahd Road daerah Syisyah, atau sekitar 200 meter dari Terowongan King Fahd, 1,5 kilometer dari Jamarat. Selain itu, ada juga Daker Haji yang terletak di Mina dengan jarak 100 meter dari balik Terowongan Mu’ashim.
Powered by Blogger.