Roti Tergeser Daging Ayam Di Arab Saudi

Telah banyak diketahui bahwa roti menjadi makanan pokok di tanah suci. Namun pernyataan tersebut berbalik dengan kenyataannya. Keberadaan roti telah tergeser dengan adanya berbagai jenis masakan ayam yang dijual di setiap rumah makan. Penduduk Arab kini lebih banyak mengutamakan untuk mengkonsumsi daging ayam. Cara mengkonsumsinya sama seperti penduduk di Negara lain saat mengkonsumsi makanan pokok dari Negara mereka masing-masing. Jika disamakan, orang Indonesia bisa mengkonsumsi nasi tanpa lauk pauk dan itu disebut telah makan, yang penting nasi telah masuk ke dalam perut. Begitupun penduduk Arab yang mengkonsumsi daging ayam tanpa tambahan makanan lain.

Roti Tergeser Daging Ayam Di Arab Saudi

Tergesernya roti sebagai makanan pokok bisa dibuktikan dengan banyaknya rumah makan yang menyediakan daging ayam dibanding dengan roti. Daging ayam tersebut dihidangkan dengan berbagai macam jenis, mulai dari ayam panggang, ayam goreng dan ayam berkuah. Meskipun memang sebagian restoran menyediakan daging ayam dilengkapi dengan roti dan kentang goreng. Namun tetap para pengunjung lebih banyak mengkonsumsi daging ayam dibanding dengan roti, bahkan roti sama sekali tidak tersentuh. Masakan ayam yang dihidangkan tentu berbeda dengan masakan ayam yang ada di Indonesia. Masakan tersebut khas dengan cita rasa hidangan padang pasir yang dilengkapi dengan rempah-rempahnya.


Meskipun roti telah tergeser keberadaannya, penduduk arab tetap mengkonsumsi roti untuk sarapan. Roti sudah merakyat dengan penduduk Arab. Setiap ba’da subuh, para bapak tetap meluangkan waktu untuk berbelanja roti yang akan digunakan sebagai sarapan. Begitu berharganya roti untuk penduduk Arab, sehingga jika seorang yang meninggalkan roti sedikitpun akan menjadi aib. Begitupun sama halnya dengan orang yang membuang nasi yang tidak habis ke tong sampah. Hal ini dikarenakan mereka merasakan betapa berharganya sepotong roti disaat kondisi perekonomian sedang terpuruk.

Roti dan daging ayam keduanya memiliki tempat khusus di hati masing-masing penduduk Arab Saudi. Meskipun roti telah tergeser namun tidak ditinggalkan begitu saja. Keduanya seimbang untuk di konsumsi, namun dengan perbandingan daging ayam 70% dan roti 30%. Daging ayam yang disediakan di tanah suci terdiri dari beberapa macam seperti ayam panggang (sawayah) dengan kisaran harga 8 riyal, ayam goreng (Broast) harga 11 riyal dan sup ayam (Dujaj bil Maraq) dijual di pasaran dengan harga 8 riyal.
Powered by Blogger.