Universitas di Kota Madinah

Universitas yang ada di kota Madinah paling khas dan sesuai dengan nama kota nya adalah Universitas Islam Madinah. Universitas ini didirikan pada tahun 1961 dan saat ini telah memiliki beberapa fakultas. Universitas Islam Madinah didirikan sesuai keputusan dari Raja Saud bin Abdul Aziz yang saat ini berlokasi di kota Madinah. Untuk bisa menimba ilmu disini, tidak perlu rumit dengan masalah pembiayaan karena setiap tahunnya universitas membuka beasiswa untuk pelajar dari Indonesia yang kuotanya lebih banyak dibandingkan dengan Universitas Ummul Qura yaitu sekitar 130 pelajar.

Universitas di Kota Madinah

Disaat berencana untuk mendapatkan beasiswa dari Universitas yang perlu dilakukan untuk pendaftaran adalah berkas yang telah ditentukan oleh pihak universitas seperti ijazah, transkip nilai, dua buah rekomendasi dari organisasi atau tikih masyarakat yang dikenal, pas foto, akta kelahiran, dan surat keterangan sehat dari dokter. Batasan umur untuk mendapatkan beasiswa adalah tidak lebih dari 25 tahun. Semua dokumen tersebut dikirimkan dengan menggunakan bahasa arab yang bisa diterjemahkan oleh penerjemah resmi.

Fakultas yang bisa dipilih oleh para pelajar adalah fakultas syariah, fakultas dakwah dan ushuludin, fakultas Al-Qur’an dan Studi Islam, Fakultas Bahasa Arab, dan Fakultas Hadits dan Studi Islam. Fakultas tersebut tersedia untuk pelajar yang berencana menlanjutkan pendidikan sarjana atau pascasarjana. Selain mendaftar dengan melakukan pemberkasan/surat menyurat (Murasalah), pelajar bisa mendaftar dengan system muqabalah (ujian lisan). Ujian ini dilaksanakan di beberapa pesantren di Indonesia sehingga bisa mempermudah bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Madinah.


Beasiswa yang didapatkan mencakup semua kebutuhan selama belajar di kota Madinah yang terdiri dari visa pelajar, living cost 840 SR setiap bulan termasuk uang makan untuk 3x sehari, asrama yang dilengkapi dengan perabotan, dengan kemampuan menampung tiga sampai empat orang dalam satu kamar, transportasi dari asrama sampai kampus, serta tiket gratis yang diberikan satu tahun sekali pada saat liburan musim panas selama 3 bulan.

Selain memiliki fakultas yang disebutkan diatas, Universitas Islam Madinah memiliki banyak fakultas lainnya dan juga memiliki sekolah dengan berbagai tingkatan. Tokoh Indonesia yang pernah menimba ilmu di universitas ini sudah terhitung banyak dan menjadi orang yang berpengaruh di Indonesia diantaranya adalah Salim Segaf Al-Jufri (Menteri Sosial), Abdul Gani Kasuba (Gubernur Maluku Utara), HIdayat Nur Wahid (Mantan Presiden PKS) dan tokoh lainnya. Untuk tata cara pendaftaran dan peraturannya bisa dilihat secara lengkap di http://www.iu.edu.sa atau http://www.serambimadinah.net.
Powered by Blogger.