Universitas Terbesar Mekah

Universitas terbesar di kota Mekkah disandang oleh Universitas Ummul Qura yang berstatus negeri. Universitas ini didirikan pada tahun 1369 H dan memiliki berbagai fakultas didalamnya. Sebagai universitas terbesar tentunya akan menjadi daya tarik bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tidak perlu bimbang dengan biaya kuliah yang diperkirakan akan mencapai jumlah yang besar, karena Universitas ini setiap tahunnya selalu membuka beasiswa untuk pelajar yang memiliki kompetensi tinggi dan berkeinginan untuk mengemban pendidikan di kampus ini. Untuk pelajar indonesia bisa juga mendaftar, namun jumlah beasiswa terbatas hanya untuk 5 pelajar saja atau bahkan tidak menerima satu pun tiap tahunnya.

Universitas Terbesar Mekah

Fakultas yang bisa dipilih adalah Fakultas Syariah dan Studi Islam, dakwah dan ushuluddin, keguruan, bahasa dan sastra arab, ilmu terapan, ilmu sosial, dan fakultas teknik. Pelajar Indonesia yang memiliki keinginan serta memenuhi kualifikasi bisa mendaftar dengan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, diantaranya adalah melampirkan ijazah, transkip nilai, dua surat rekomendasi dari organisasi atau tokoh masyarakat yang dikenal, pasfoto, akta kelahiran, dan surat keterangan sehat dari dokter. Pelajar yang mendaftar harus berusia maksimal 25 tahun, sedangkan untuk perempuan harus memiliki mahram yang tinggal di Mekkah.

Selain menyediakan pendidikan sarjana, Universitas Ummul Qura juga membuka pendidikan untuk pasca sarjana. Untuk pelajar yang telah dinyatakan lulus mendapat beasiswa harus melewati beban kuliah terlebih dahulu selama 4 semester di Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (setingkat diploma). Hanya satu yang bisa melanjutkan ke jenjang sarjana, yaitu pelajar yang mendapatkan nilai mumtaz (cumlaude). Sampai saat ini, Ummul Qura hanya menyediakan beasiswa untuk pelajar yang akan kuliah pada fakultas keagamaan saja, tidak untuk fakultas yang lain.


Disaat anda akan belajar di universitas ini, beasiswa yang ditawarkan juga termasuk untuk fasilitas lainnya seperti visa pelajar, living cost SAR 840 setiap bulan, satu kamar asrama dengan tiga atau empat pengisi ditambah dengan perabotannya. Setiap hari akan diberikan jasa transoprtasi dari asrama ke kampus. Sedangkan jika liburan musim panas, anda akan diberikan tiket gratis setiap tahunnya untuk 3 bulan.

Mendaftar dan bisa mendapatkan beasiswa di Ummul Qura, pelajar bisa melakukan pendaftaran secara online di website resmi http://www.uqu.edu.sa. Sebelumnya pendaftar yang ingin belajar di Ummul Qura bisa mendaftar dengan menitipkan berkas melalui ‘murasalah’ atau surat menyurat yang bisa dilakukan kapan saja atau melalui jamaah haji dan umroh yang datang ke Tanah Suci. Namun semua tata cara ini sudah dirubah untuk bisa mempermudah para pendaftar. Berkas atau dokumen yang dikirim ke universita harus dalam bahasa arab yang diterjemah oleh penrjemah resmi.
Powered by Blogger.