Habatus Sauda dan Minyak Zaitun

Habatus Sauda dan minyak zaitun adalah dua jenis oleh oleh yang bisa dibeli dari tanah suci. Selain dijadikan oleh-oleh, keduanya bisa dijadikan sebagai obat berkhasiat dan sangat dicari di tanah air. Habatus sauda atau lebih dikenal dengan jintan hitam merupakan salah satu obat berkhasiat yang juga telah digunakan pada saat jaman nabi. Dengan khasiat yang dimilikinya, masyarakat atau jamaah yang datang ke tanah suci tidak perlu bingung untuk mendapatkannya, karena di setiap pertokoan bisa dipastikan telah menyediakan habatus sauda. Apakah di Indonesia ada habatus sauda? Sampai saat ini karena telah banyak diketahui manfaat dan khasiatnya, banyak obat yang berbahan jintan hitam namun keasliannya tergantung masing-masing produk.

Habatus Sauda dan Minyak Zaitun

Habatus sauda yang dijajakan di sepanjang kota bisa dimiliki dengan harga yang murah. Sedangkan untuk satu kilogram jintan hitam yang dijual di mini market dihargakan kurang dari 15 riyal. Tentunya habatus sauda tidak hanya tersdia dalam bentuk aslinya saja juga bisa ditemui dalam bentuk lain seperti telah menjadi habatus sauda yang telah digiling ataupun dalam bentuk minyak. Habatus sauda yang disediakan dalam bentuk minyak bisa dikonsumsi secara langsung dan dihargakan 20 riyal. Sedangkan habatus sauda yang telah digiling bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkannya ke dalam minuman.


Selain habatus sauda yang dipercaya khasiatnya, ada juga minyak zaitun yang juga bisa dijadikan oleh oleh dari tanah suci. Minyak zaitun atau banyak juga yang menyebutnya olive oil merupakan obat yang bisa digunakan sebagai obat luar ataupun obat luar. Kegunaan minyak zaitun tidak berhenti sampai disitu saja, sebagian masyarakat ada yang menggunakannya sebagai ramuan tambahan dalam memasak, sebagai minyak goreng ataupun sebagai campuran pada nasi.

Sama seperti halnya habatus sauda, minyak zaitun bisa dengan mudah ditemui baik di supermarket ataupun di toko kecil. Harganya yang terjangkau membuat masyarakat dan jamaah tertarik membelinya sebagai oleh oleh ataupun sebagai obat. Harga yang dipatok untuk minyak berukuran 100 ml adalah 5 riyal, dan masih banyak lagi minyak dengan harga puluhan riyal. Bahkan sebagian masyarakat arab ada yang menggunakan minyak zaitun sebagai pelindung kulit dari terik matahari yang menyebabkan kulit pecah-pecah.

Pilihan untuk bisa mendapatkan habatus sauda yang telah digiling adalah dengan mendatangi toko herbal yang ada di depan pintu nomor 22 Mesjid Nabawi. Atau juga bisa mendatangi Toko Bin Dawood yang tersebar di seluruh Madinah dan Mekah. Selain mendapatkan dua barang ini, masih banyak koleksi obat herbal yang bisa dibawa sebagai oleh oleh ke tanah air.
Powered by Blogger.