Oleh Oleh Khas Arab Saudi

Oleh-oleh khas dari negeri unta memang sudah bukan rahasia lagi, makanan ini sudah menjadi khas dan kebiasaan dari jamaah atau masyarakat yang datang ke tanah suci untuk menyempatkan membeli kurma sebagai buah tangan saat kembali ke daerah asal. Sehingga tidak aneh jika orang yang telah menginjakkan kaki di tanah suci saat kembali akan membagikan kurma dalam jumlah banyak. Padahal pedagang kurma di Indonesia sangat banyak, saat bulan Ramadhan pun kurma menjadi hidangan utama yang sering dicari untuk dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa. Selain merupakan sunah nabi untuk berbuka puasa, kurma memiliki khasiat tinggi karena mengandung gizi yang cukup.

Oleh-oleh Khas Arab Saudi

Buah tangan khas dari Arab Saudi ini juga telah menjadi symbol kerajaan, sehingga semakin lengkap lagi jika kurma disebut khasnya dari tanah suci. Seperti yang telah disebutkan, meski banyak pedagang Indonesia yang menjual kurma akan berbeda ketika yang dibawa adalah dari negeri Arab langsung. Apalagi menurut sebagian orang menanam pohon kurma bukan perkara mudah untuk di Indonesia, sebagian mengatakan pohon bisa tumbuh namun tidak berbuah dan sebagian lagi mengatakan pohon kurma bisa berbuah namun dengan ukuran yang kecil dan rasanya berbeda.


Secara umum, masyarakat hanya mengetahui kurma seperti itu saja atau sama rata. Padahal kurma berbagai macam jenisnya, dan yang sering ditemui adalah jenis kurma berwarna coklat tua yang dinamakan Tamr. Selain itu, jenis kurma ada yang masih keras dan berwarna hijau kurma ini dinamakan dengan Ballah dan yang terakhir adalah berwarna kuning kecoklatan dan dinamakan ruthab. Ruthab lebih umum jika dihidangkan dalam kondisi dingin segar.

Kisaran harga untuk kurma di tanah air pas dengan isi dompet, namun tergantung macamnya juga. Sedangkan di tanah suci, jenis kurma yang paling mahal harganya adalah kurma Ajwah dari Madinah, harga per kilogramnya saja bisa mencapai 80 riyal. Mengapa? Karena kurma ini merupakan jenis kurma yang biasa dikonsumsi oleh Rosulullah SAW, masyarakat menyebutnya dengan Kurma Nabi juga termasuk dalam kelas pertama. Akan sangat bangga jika bisa membeli dan membawa kurma ini ke tanah air sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Selain jenis kurma diatas, masih banyak jenis kurma dengan kualitas yang berbeda-beda bahkan harganya pun ada yang lebih murah. Jenis kurma lain yang bisa ditemui adalah sukkari, ‘ambari, ‘asali dan lainnya. Sebagai oleh-oleh, kurma menjadi pilihan utama karena bisa dibeli dengan jumlah yang banyak, orang yang menerimanya pun akan bangga jika si pemberi merupakan orang yang telah melaksanakan ibadah haji atau umroh di tanah suci. Meskipun kurma yang didapat hanya sekedar untuk mencicipi saja.
Powered by Blogger.