Kebutuhan Memasak Saat di Tanah Suci

Kebutuhan memasak saat berhaji memang menjadi suatu hal yang utama terlebih melaksanakan ibadah haji bukan waktu yang sebentar. Asupan makanan menjadi hal penting untuk tetap menjaga stamina tetap kuat selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Apalagi tidak mungkin selama kurang lebih sebulan harus membeli makanan di luar, adakalanya para jamaah berinisiatif untuk membentuk sebuah kelompok masak sejak di tanah air. Semuanya direncanakan mulai dari anggaran, jadwal belanja dan memasak khususnua untuk jamaah haji regular yang tidak mendapatkan catering setiap harinya.

Kebutuhan Memasak Saat di Tanah Suci

Untuk keperluan memasak sendiri jamaah haji tidak perlu sulit membawa dari tanah air, ditambah maskapai memiliki aturan untuk tidak memasukkan alat memasak ke dalam bagasi. Peralatan masak bisa didapat di tanah suci. Sedangkan untuk tempat memasak jamaah bisa memilih di kamar atau di lorong kamar, hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya karena tidak disediakan tempat khusus untuk memasak. Meski bukan kendala yang serius untuk memasak, membuat kelompok memasak bisa membantu jamaah pria yang tidak berhaji bersama istrinya dan tidak bisa memasak. Dengan kelompok ini semuanya akan menjadi lebih mudah.

Memasak di tanah suci tidak akan menjadi rumit jika dikerjakan secara bergantian, satu dan yang lainnya tetap memiliki waktu istirahat yang cukup dan masih bisa berkumpul bersama disaat makan. Tidak akan merasa kelaparan jika jadwal dan tugas memasak sudah diatur dengan jelas dan hanya tinggal dilaksanakan saja. Membawa masakan dari tanah air harus tetap diperhatikan jangan membawa makanan yang tidak memiliki expired yang jelas, makanan atau masakan yang dibawa adalah yang memiliki tanggal kadaluarsa dan tidak merepotkan saat dibawa. Jika kekurangan bahan makanan untuk memasak para jamaah bisa membeli di pasar yang ada di sekitar hotel atau maktab.

Yang perlu dibawa dari tanah air untuk memasak hanya perlu beras, bumbu masak dan alat makan. Selebihnya jika memang malas untuk memasak jamaah bisa berwisata kuliner di sekeliling hotel karena selalu ada warung makan yang menyediakan makanan khas Arab Saudi, dan banyak pula yang menyediakan makanan khas Indonesia. Semuanya bisa dipilih tergantung selera, namun tetap harus memerhatikan asupan makanan tersebut, yang tidak biasa di konsumsi di tanah air jangan dipaksakan jika nantinya hanya akan menimbulkan penyakit saja. Begitupun membawa masakan dari tanah air jangan sembarangan dan harus memeriksa kesegaran makanan untuk bisa dikonsumsi dalam jangka panjang.
Powered by Blogger.