Ruangan Untuk Berkumpul Jamaah

Pemondokan haji yang disediakan untuk jamaah tentunya bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari jamaah selama melaksanakan ibadah haji. Namun dari sekian rangkaian ibadah haji tantu akan memakan banyak waktu untuk tinggal di pemondokan juga, baik untuk istirahat atau kegiatan lainnya. Tidak semua pemondokan dilengkapi dengan ruangan khusus untuk melaksanakan kegiatan pertemuan atau tempat dengan ukuran yang lebih luas sehingga setiap penyelenggara haji harus bisa mengkondisikan pemondokan agar bisa digunakan kegiatan perkumpulan jamaah.

Ruangan Untuk Berkumpul Jamaah

Jamaah haji dari Indonesia setiap tahunnya mencapai jumlah yang banyak, kebutuhan akan pemondokan juga akan seimbang dengan banyaknya jamaah tersebut. Namun tidak semua pemondokan memiliki fasilitas yang lengkap, jikalau ada tentu akan berebutan dengan beberapa rombongan KBIH. Dan memang saat ini pemondokan yang tersedia diusahakan bisa memberikan kenyamanan serta fasilitas yang memuaskan bagi setiap jamaah.

Sebagai persiapan dikala mendapatkan pemondokan yang tidak memiliki fasilitas lengkap harus berfikir dua kali dan mencari solusinya. Untuk dapur dan kamar mandi tentu akan tersedia karena menjadi kebutuhan utama, namun selebihnya harus berfikir lagi jika tidak tersedia mesin cuci dan harus mencuci pakaian bergantian di kamar mandi.

Ruangan yang dibutuhkan lainnya adalah ruang untuk pertemuan jamaah. Dengan kondisi pemondokan yang sempit, sebagai pembimbing haji tentu akan mencari jalan keuarnya dan cara mengatasinya adalah menggunakan tempat kosong yang bisa memuat banyak orang yaitu di lorong setiap kamar. Setiap jamaah dari rombongan yang sama bisa menggelar karpet jika diperlukan sebagai alas duduk saat mendengarkan penyuluhan yang diberikan oleh pembimbing haji. Kebiasaan menggunakan lorong sebagai tempat pertemuan sudah lazim setiap tahunnya dan tidak perlu malu. Namun harus tetap menjaga aturan dan tidak mengganggu kenyamanan jamaah dari rombongan lain.
Powered by Blogger.