Tips Mencuci dan Menjemur Pakaian Di Pemondokan

Mencuci dan menjemur pakaian di pemondokan tidak akan menjadi masalah besar yang harus di fikirkan. Jamaah bisa mencuci di kamar mandi disaat waktu luang atau sebagian pemondokan juga telah menyediakan mesin cuci untuk kebutuhan mencuci. Hanya mungkin tetap ada suami yang dicucikan pakaiannya oleh sang istri. Sehingga tidak perlu membentuk kelompok seperti halnya kelompok memasak. Jamaah bisa masing-masing mencuci pakainnya sesuai keinginan mereka. Namun masalahnya bagaimana jika di pemondokan tidak disediakan untuk menjemur pakaian dan harus memutar fikiran bagaimana mengatasinya.

Sebagai solusi jika tidak disediakan mesin cuci, jamaah bisa mencuci di kamar mandi dengan menyesuaikan waktu yang tepat, yaitu disaat kamar mandi kosong dan bukan jam sibuk seperti waktu mandi atau jam sibuk lainnya. Jika mencuci tidak tepat waktunya tentu akan menggannggu kenyamanan jamaah yang lain. Namun hal ini tidak masalah jika di pemondokan sudah tersedia mesin cuci.

Tips Mencuci dan Menjemur Pakaian Di Pemondokan

Sedangkan untuk menjemur, ada beberapa tips menjemur pakaian di tanah suci dengan kondisi cuaca panas dan cukup gersang. Jika telah tersedia tempat khusus untuk menjemur pakaian hendaknya jamaah membawa peniti atau pencepit jemuran agar tidak terbawa angin. Yang paling penting setiap pakaian yang dimiliki harus diberikan nama serta kloter supaya tidak tertukar dengan yang lainnya. Di Mekah tidak akan menjadi masalah mengenai tempat menjemur ini karena biasanya pemondokan telah menyediakan tempat khusus untuk menjemur yaitu di lantai paling atas. Sedangkan untuk di Madinah jamaah menempati hotel sehingga harus berusaha mencari akal bisa menjemur pakaian.

Jika tidak terdapat tambang maka sediakan dari tanah air tambang yang tidak terlalu besar ataupun panjang sebagai persiapan. Hati-hati untuk tidak sembarang mengaitkan tali jemuran di kamar. Pertama menjemur pakaian tidak kondusif karena akan mengganggu keluar masuknya udara segar dan bisa mengganggu kesehatan. Kedua, di setiap hotel tentu ada peraturan untuk tidak merusak dinding sehingga jamaah tidak boleh sembarang memasang paku di dinding karena akan merusak dan mengganggu pemandangan. Dengan kondisi seperti itu yang bisa dilakukan adalah mencari tempat yang lebih pantas, jamaah bisa menggunakan dapur untuk memasang tali jemuran atau membentangkannya di dekat kamar mandi. Sedangkan untuk mengaitkan tali bisa menggunakan engsel pintu sehingga tetap aman.

Perlengkapan lain yang harus dibawa untuk menjemur pakaian adalah hanger dengan ukuran yang kecil dan tidak terlalu memenuhi koper. Menggunakan hanger bisa lebih menghemat tempat jemuran. Usahakan tidak menjemur pakaian di tali milik orang lain kecuali tali tersebut kosong dan mendapat ijin dari pemiliknya.
Powered by Blogger.