Deposit Box Untuk Menyimpan Barang Berharga

Deposit box merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan oleh jamaah haji untuk menyimpan barang-barang berharga dan uang. Deposit box bisa ditemui di setiap maktab (kantor pengelola pemondokan haji), dan tentu di setiap wilayah pemondokan akan ada fasilitas ini. Kejahatan tidak bisa memandang kapan atau dimana, termasuk di tanah suci. Oleh karena itu meskipun membawa barang berharga dengan jumlah yang banyak, ada baiknya ketika akan melaksanakan sholat di masjid atau melaksanakan rangkaian ibadah haji barang-barang tersebut tidak dikenakan. Alternatif bisa disimpan pada deposit box yang tersedia tersebut.

Deposit Box Untuk Menyimpan Barang Berharga
Credit Image: kemenag.go.id

Pada saat wukuf di Arafah, jamaah akan meninggalkan pemondokan dalam jangka waktu yang lama. Pada kesempatan ini waktunya untuk menitipkan barang-barang anda di deposit box. Fasilitas ini gratis, jamaah hanya perlu memberitahu kepada petugas bahwa anda akan menggunakan deposit box.
Terkadang sebagian jamaah memilih untuk menyimpan uang dan barang berharganya sendiri tanpa menitipkan di deposit box dikarenakan adanya pembicaraan-pembicaraan yang tidak benar akan deposit box ini. Padahal perlu diketahui disaat menyimpan disini, jamaah akan melakukan serah terima dengan petugas dan itu akan menjadi tanda bukti.

Jamaah khususnya jamaah Indonesia sebagian besar bukan termasuk orang yang mengetahui seluk beluk kondisi kehidupan sehari-hari di tanah suci. Jangan terlalu percaya kepada setiap orang apalagi sampai menitipkan barang-barang berharga, meskipun kepada orang Indonesia yang telah lama tinggal di tanah suci. Jamaah tetap harus memiliki kehati-hatian yang tinggi. Ketika akan pergi ke masjid, jamaah tetap harus membawa uang sebagai persiapan namun cukup beberapa real saja.

Di awal-awal pelaksanaan haji memang akan sedikit jamaah yang menitipkan barangnya di deposit box karena setiap hari masih mendatangi pemondokan, ketika meninggalkan pemondokan dalam waktu lama baru mereka menyimpannya di deposit box. Dan tidak jarang mereka akan menyimpan barang dalam satu buah koper besar dimana isinya adalah barang-barang satu rombongan.

Jika masih awam dan mengetahui fasilitas yang satu ini, sebelumnya pihak panitia atau petugas kloter akan mensosialisasikan deposit box kepada para jamaah.
Powered by Blogger.