Mengenal Wadi Usfan

Wadi Usfan merupakan salah satu lembah yang terdapat di tanah suci dan memiliki keistimewaan yang bisa menambah pengetehuan sebagai seorang muslim. Wadi atau dalam Bahasa Indonesia merupakan lembah, lembah usfan ini disebut sebagai jalan para nabi. Tidak sedikit para nabi yang melewati lembah ini ketika akan menyiarkan agama Islam ke seluruh wilayah. Dan tentu saja akan banyak jalan yang dilewati oleh para nabi sebelumnya, tapi ini adalah salah satunya yang sering dilewati.

Allah SWT mengutus para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW dengan tugas yang sama yaitu menyeru umat manusia untuk beriman kepada Allah SWT dan mendekatkan diri kepada-Nya. Masing-masing memiliki tempat yang berbeda untuk melaksanakan perintah-Nya ini. Jalan yang ditempuh oleh para nabi dan rasul memiliki jarak yang cukup jauh, apalagi mengingat kendaraan yang digunakan pada masa itu, butuh waktu yang lama untuk menempuh sebuah perjalanan ditambah dengan lokasi yang dilalui bisa menembus antar negara.

Mengenal Wadi Usfan

Rasulullah SAW adalah satu nabi yang melintasi lembah ini, sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan An-Nasai, dan Imam Ahmad bin Hanbali dari Ibnu Abbas RA yang dikutip oleh Ibnu Katsir dalam kitabnya Qishash Al-Anbiyaa’ (Kisah para Nabi-nabi): “Wahai Abu Bakar, lembah apakah ini?” Abu Bakar menjawab, “Lembah Usfan. Rasulullah SAW bersabda: “(Nabi) Hud dan Saleh AS pernah melewati (melintasi) lembah ini di atas unta merah yang tali kendalinya terbuat dari serabut. Pakaian mereka berupa jubbah, baju luarnya terbuat dari bulu yang bergaris-garis. Mereka mengucapkan talbiyah dan melaksanakan ibadah haji di Baitul ‘Atiq (Ka’bah).”

Penamaan lembah usfan adalah karena letaknya berada di tengah-tengah padang pasir dan tidak memiliki arah yang jelas. Maksudnya adalag jika seseorang melewati lembah ini harus berhati-hati karena bisa jadi akan tersesat. Letaknya berada di antara Mekkah dan Madinah, tepatnya adalah jika dilalui dengan tujuan ke Mekkah maka berada setelah Al-Musaijid, Badar, al-Muraisi dan Khulaish. Sedangkan jika tujuan ke Madinah dari Mekkah maka letaknya ada diantara Faidah dan Hudaibiyah.

Para nabi dan rasul banyak yang melewati lembah usfan dengan tujuan masuk atau keluar Mekkah. Jika masuk Mekkah maka mereka akan melaksanakan ibadah haji.

Nabi Ibrahim juga termasuk nabi yang beberapa kali melewati lembah usfan. Pertama adalah ketika mengantarkan Ismail dan Hajar dari Palestina ke Mekkah, kondisi ini ketika Nabi Ibrahim belum mendapatkan perintah untuk membangun Ka’bah. Dan yang kedua dalah setelah adanya perintah membangung Ka’bah, beliau melewati lembah ini. Dan yang terakhir adalah ketika melaksanakan ibadah haji. Selain dikenal dengan wadi usfan dikenal pula dengan nama asafan berasal dari kata ‘asafa al-mafazah yang artinya tersesat di padang pasir.
Powered by Blogger.